10.000 Robot Siap Gantikan Pekerja Di Pabrik Iphone China

108CSR.com - Sebanyak 10.000 robot dikabarkan telah datang di sebuah pabrik Foxconn di China. Dengan adanya puluhan ribu robot ini Foxconn akan mempunyai pekerja dari tenaga insan dan robot sekaligus.


Foxconn menjuluki robot-robot ini dengan nama Foxbots. Dikutip dari situs web teknologi Singularity Hub, Foxconn menargetkan ada 20.000 ribu robot yang datang pada final 2012. Biaya yang diperlukan untuk satu robot berkisar 20.000 dollar AS hingga 25.000 dollar AS.

Foxconn mempunyai sekitar 1,2 juta karyawan di China. Perusahaan ini kini sedang diawasi oleh pemerintah dan forum swadaya masyarakat setempat. Karena, Foxconn dituding memberi upah minim, memperkerjakan anak di bawah umur, jam kerja yang panjang, dan menyediakan asrama yang tidak layak.

Bahkan, semenjak awal 2010 lalu, tercatat ada 16 karyawan yang bunuh diri di pabrik Foxconn di Shenzen, China, dengan cara lompat dari bangunan yang tinggi. Setelah dikritik sana-sini, Foxconn alhasil mau menaikkan honor karyawannya sebesar 25% pada Februari 2012.

Selain Apple, Foxconn ketika ini menjadi kawan pemanufaktur produk Apple, HP, Dell, Sony, Microsoft, dan sejumlah perusahaan teknologi besar lainnya.

Perusahaan manufaktur asal Taiwan yang populer sebagai perakit iPhone dan iPad, Foxconn, mengumumkan niat untuk mengganti sejumlah pekerja insan dengan robot semenjak 2011 lalu. (ard/int)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto Dan Kisah Di Balik Finding Nemo

Semua Perihal Avatar: The Legend Of Aang

Foto Naruto Dan Kawan-Kawan