Fakta Unik Perihal Otak

 

Otak insan ialah organ paling kompleks dalam badan insan dan bahkan merupakan ciptaan Tuhan yang paling kompleks di alam semesta. Jelas bahwa segala hal yang diciptakan oleh insan berasal dari otaknya, sehingga sanggup dikatakan bahwa otak insan ialah fitur paling menakjubkan dalam badan manusia.


Otak insan dengan kompleksitasnya bekerja bagaikan alat penyimpanan yang kondusif dalam menyimpan kenangan seseorang. Kepribadian dan kesadaran seseorang juga sangat dipengaruhi otak insan yang bisa menawarkan semangat, gerak dan emosi.

Otak insan merupakan sentra komando untuk sistem saraf sentra dan juga melayani insan dengan kemampuan fisik dan kognitif. Ini merupakan beberapa saja dari tugas penting otak manusia. Namun hal yang paling menakjubkan mengenai otak insan ialah banyak fakta tidak diketahui banyak orang terkait otak yang sedang berfungsi penuh.

Berikut ialah 20 fakta unik dan menarik perihal otak insan yang perlu diketahui:

1. Otak mempunyai sentra humor. Terkadang, seseorang yang mengalami kerusakan otak pada lobus frontal tidak bisa merespon humor.

2. Anda tidak bisa mendengar percakapan telepon di ruangan bising. Hal ini alasannya otak tidak sanggup membedakan kebisingan latar belakang (background noise) dari bunyi di telepon.

3. Menguap merupakan cara membangunkan Anda alasannya dengan menguap udara yang masuk ke dalam paru-paru menjadi lebih banyak, sehingga meningkatkan oksigen ke otak.

4. Otak kita cenderung lebih bisa mengingat lagu-lagu yang menyebalkan.

5. Energi atau daya yang dipakai otak lebih rendah daripada daya lampu pada kulkas. Otak hanya memakai daya sebesar 12 watt atau sekitar 17% dari total energi tubuh.

6. Terlalu sering mengalami jet lag sanggup merusak daya ingat (memori). Hal ini terjadi alasannya hormon stres yang dilepaskan selama jet lag sanggup merusak lobus temporal dan memori.

7. Berada di ketinggian menciptakan otak mempersepsikan pandangan visual menjadi aneh. Gangguan oksigen cenderung mengganggu pemrosesan visual dan emosional. Hal ini alasannya semakin tinggi suatu daerah kadar oksigen akan semakin tipis.

8. Memainkan game dengan adegan menembak musuh secara bersamaan membantu otak untuk multitasking. Menembak beberapa musuh sekaligus akan membagi perhatian Anda, ini berarti Anda harus terus-menerus bereaksi terhadap suatu rangsangan.

9. Anda mustahil merasa geli ketika menggelitik diri sendiri. Ini terjadi alasannya otak menumpulkan sensasi geli ketika kita melakukannya sendiri.

10. Sinar matahari yang terlalu jelas bisa menciptakan seseorang menjadi bersin. Hal ini terjadi alasannya serabut saraf yang bersinggungan di otak mengirim sinyal yang berasal dari mata melalui hidung.

11. Berat otak insan ialah sekitar 1,36 kg.

12. Sekitar 75% otak ialah air.

13. Pertumbuhan otak insan berhenti pada usia 18 tahun.

14. Otak memakai oksigen sebanyak 20% dari total oksigen dalam tubuh.

15. Penelitian memperlihatkan bahwa gelombang otak lebih aktif ketika bermimpi daripada ketika seseorang terjaga.

16. Stres yang berlebihan bisa mengubah sel-sel otak, struktur otak, dan fungsi otak.

17. Otak sanggup hidup selama 4-6 menit tanpa oksigen, dan kemudian akan mulai mati. Bila tidak menerima suplai oksigen selama 5-10 menit, otak akan mengalami kerusakan permanen.

18. Membaca dengan bunyi keras dan sering berbicara pada anak ternyata bisa memicu perkembangan otaknya.

19. Otak bayi yang gres lahir akan tumbuh sekitar tiga kali ukuran semula pada tahun pertama.

20. Otak insan ialah organ badan yang paling banyak mempunyai lemak. Sekitar 60% otak terdiri atas lemak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto Dan Kisah Di Balik Finding Nemo

Semua Perihal Avatar: The Legend Of Aang

Foto Naruto Dan Kawan-Kawan