Mengenal Fungsi Instruksi Imei Pada Handphone

Anda niscaya sering mendengar istilah aba-aba IMEI terutama saat Anda sedang membeli sebuah ponsel baru. Namun jarang sekali ada orang yang mengetahui fungsi sebetulnya dari aba-aba IMEI tersebut. Padahal, IMEI merupakan salah satu elemen penting dari sebuah ponsel alasannya yaitu setiap ponsel hanya akan mempunyai satu IMEI dari mulai awal kelahirannya sampai akhir kematiannya.

Karena semakin meningkatnya kasus pencurian smartphone di dunia ini, maka nilai dari sebuah aba-aba IMEI tidak sanggup dianggap remeh lagi. Pasalnya, IMEI tersebut menyimpan banyak sekali macam data yang berkaitan pribadi dengan ponsel yang Anda miliki. Oleh alasannya yaitu itu, pada artikel kali ini akan diulas banyak sekali hal yang berkaitan dengan aba-aba IMEI.


Apa itu IMEI? (bukan nama artis ya....hehehe)

IMEI merupakan abreviasi dari International Mobile Equipment Identity. Setiap ponsel mempunyai IMEI yang berbeda untuk membedakan antara satu ponsel dengan ponsel yang lainnya. saat Anda membeli sebuah ponsel gres niscaya Anda akan melihat serial number IMEI di dus, di dalam ponsel anda (biasanya tertutup baterai) atau di nota pembayaran. Ketika Anda mereparasi ponsel, IMEI juga niscaya akan dicatat untuk garansi dan keperluan identifikasi lainnya.

Sebuah IMEI standar biasanya terdiri dari 14 digit desimal, dan untuk ponsel keluaran terbaru biasanya terdiri dari 16 digit. Tujuan utama dari dibuatnya IMEI yaitu untuk memudahkan pengidentifikasian ponsel. Selain itu, IMEI juga sanggup digunakan untuk memblok ponsel tersebut biar tidak sanggup melaksanakan kanal ke jaringan seluler. Dengan begitu, kalau ada yang mencuri ponsel Anda, maka Anda sanggup meminta kepada provider untuk memblok ponsel tersebut dengan cara mengirimkan kodenya. Pihak kepolisisan juga biasanya mengidentifikasi kasus pencurian ponsel menurut IMEI ponsel tersebut.

Semenjak tahun 2004, sebuah aba-aba pada IMEI akan mempunyai format menyerupai AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B dari format tersebut dikenal sebagai type allocation code (TAC) yang sanggup menunjukkan pembuat dan model dari ponsel tersebut. Sebagai contoh, ponsel iPhone 5 yang dikeluarkan oleh Apple akan mempunyai TAC 01-332700 sementara ponsel Samsung Galaxy S2 mempunyai aba-aba TAC 35-853704. Bagian aba-aba format C merupakan serial number yang diberikan oleh perusahaan pembuat ponsel tersebut. Sedangkat digit yang terakhir merupakan sebuah checksum yang digunakan untuk memverifikasi IMEI tersebut.

Setiap aba-aba akan terkunci dan tetap menempel pada ponselnya sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan SIM card. Jika Anda melaksanakan reset dan mengganti SIM card yang terpasang di ponsel tersebut, maka kodenya tetap sama dan tidak akan berubah. Maka dari itu, Anda sanggup memanfaatkan hal tersebut untuk memblokir ponsel Anda kalau ponsel tersebut dicuri orang.

Namun hal tersebut tetap saja masih sanggup diakali alasannya yaitu para pencuri ponsel biasanya akan mengganti aba-aba dari IMEI kalau aba-aba tersebut telah diblokir. Mereka biasanya mengganti aba-aba yang terblokir dengan IMEI yang masih aktif sehingga sanggup digunakan lagi. Oleh alasannya yaitu itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mengembangkan IMEI milik ponsel Anda alasannya yaitu sanggup saja aba-aba tersebut akan di-cloning oleh para penjahat ponsel.
Makara catatlah nomor IMEI ponsel anda kemudian letakkan di daerah yang kondusif di rumah. Jangan dibawa di dalam dompet ya....

*#06# untuk mengetahui aba-aba imei anda.

COURTESY: paseban.com dll


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto Dan Kisah Di Balik Finding Nemo

Semua Perihal Avatar: The Legend Of Aang

Foto Naruto Dan Kawan-Kawan