Warta Dan Fakta Unik Wacana Jamur

Jamur termasuk dalam kelompok eukariota.
pengertian eukariota klik disini
Jamur tidak mempunyai klorofil dan bergantung pada makhluk hidup lain untuk memperoleh makanan.

Dalam pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup, jamur ditempatkan dalam kelompok yang terpisah dari bakteri, hewan, dan tumbuhan.
Terdapat sekitar 70.000 spesies jamur yang telah diklasifikasi sampai kini dari sekitar 1,5 juta keseluruhan spesies jamur.

Fakta ihwal Jamur

Berikut ialah fakta dan isu ihwal jamur.

1. Jamur pada awalnya diklasifikasikan sebagai flora lantaran mempunyai kesamaan morfologi dengan tumbuhan. Namun sesudah dilakukan analisis filogenetik, jamur segera dimasukkan dalam kelompok yang berbeda.

2. Jamur tidak mempunyai klorofil dan kesudahannya memperoleh masakan dari inang dengan bertindak sebagai parasit. Banyak spesies jamur merupakan saprofit yang berarti memperoleh masakan dari organisme yang sudah mati.

3. Jamur sanggup berukuran mikroskopis dan makroskopis. Bentuk struktural paling umum dari jamur mikroskopis ialah hifa. Diameter hifa berkisar antara 2-10 mikrometer, dengan panjang sanggup mencapai beberapa sentimeter. Struktur yang terbentuk dari jalinan hifa disebut miselium.

4. Jamur makroskopik sanggup pribadi dilihat tanpa mikroskop lantaran berukuran besar.

5. Feromon, materi kimia yang diproduksi oleh jamur, mempunyai tugas penting dalam reproduksi seksual. Jamur jantan dan betina berkomunikasi satu sama lain melalui feromon.

6. Pada kebanyakan jamur, reproduksi aseksual terjadi melalui spora vegetatif yang dikenal sebagai konidia. Fragmentasi miselium juga merupakan bentuk reproduksi aseksual.

7. Jamur yang ditemukan di lingkungan nitrogen rendah mempunyai penggalan badan yang lengket. Adaptasi ini membantu jamur menjebak binatang kecil menyerupai nematoda. Hewan-hewan kecil tersebut kemudian dicerna sebagai masakan jamur.

8. Beberapa jenis jamur hidup dalam relasi simbiosis dengan makhluk hidup lainnya. Misalnya, jamur, lumut, dan ganggang hijau hidup bersama membentuk relasi simbiotik.

9. Jamur diketahui menyebabkan banyak sekali penyakit pada tumbuhan, binatang dan manusia. Panu dan kurap ialah problem umum yang disebabkan oleh jamur pada manusia. Penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur termasuk wangi batang, wangi daun, jamur api, karat, dll.



10. Tupai merah diketahui mengumpulkan dan menyimpan jamur kering dan memakannya di animo dingin.

11. Terdapat lebih dari 60 jenis jamur yang mengatakan fenomena bioluminescence atau berpendarnya cahaya dari badan jamur.

12. Dalam kondisi lingkungan yang tepat, jamur sanggup berada dalam kondisi dorman (tidak aktif) selama berabad-abad

courtesy : ilmu pengetahuan (fb)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Foto Dan Kisah Di Balik Finding Nemo

Semua Perihal Avatar: The Legend Of Aang

Foto Naruto Dan Kawan-Kawan